Manfaat keong untuk pakan bebek petelur

Keong merupakan salah satu hewan dari filum molusca yang mudah kita temui disungai, sawah, ataupun dikolam. Hewan ini berhabitat di air tawar yang dangkal, dia sering menempel dibebatuan ataupun ditanaman tanaman air. Bagi petani keong merupakan parasit, karena hewan ini sering memakan padi yang ditanam oleh petani. Akan tetapi bagi peternak bebek keong merupakan sebuah keuntungan, pasalnya hewan ini mempunyai protein yang sangat tinggi sehingga sangat berguna untuk bebek yang mereka pelihara.

Tahukan anda bahwa keong juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat. Seperti yang dihimpun dari Positive Deviance Resource Centre menyatakan bahwa dalam 100 gram keong mengandung protein, energi, kalsium, mineral, karbohidrat, phosfor, vitamin A, E, niacin dan folat, serta rendah kolestrol.

4 manfaat keong untuk pakan bebek petelur

 

 

1. Meningkatkan nafsu makan

Mungkin karena rasa enak yang dirasakan bebek ketika memakan keong sehingga nafsu makannya bertambah. Namun benarkah jika keong dapat meningkatkan nafsu makan bebek? Jawabannya adalah jelas benar, coba anda perhatikan ketika bebek diberi maka keong pasti dengan cepat dia akan melahapnya.

2. Mempercepat pertumbuhan bebek

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan bebek dan salah satunya adalah kualitas pakan yang diberikan. Seperti yang kita tahu bahwa bebek mengandung gizi yang baik dan salah satunya adalah protein, dengan pemberian keong secara rutin tidak menutup kemungkinan jika pertumbuhannya akan semakin cepat.

3. Mempercepat bebek bertelur

Pakan bebek yang mengandung protein tinggi terbukti dapat merangsang bebek untuk bertelur jika sudah masuk masa reproduksi, selain itu pemberian keong secara rutin juga terbukti mampu mempertahankan bebek agar selalu bertelur. Perlu anda ketahui bahwa apabila bebek sudah masuk dimasa reproduksi namun tidak kunjung beruelur, ada 2 penyebab yang harus anda tahu. Penyebab yang dimaksut adalah kurangnya asupan protein serta tidak ada pejantannya.

4. Menghasilkan telur berkualitas

Telur yang berkualitas dinilai dari besarnya telur, kuning telur yang kental serta rasanya. Pemberian keong untuk pakan bebek terbukti dapat menghasilkan telur bebek yang berkualitas jika dibandingkan dengan pemberian pakan konsentrat yang dibuat oleh pabrik, semua itu terbukti dari masyarakat yang berkata.

Selain bermanfaat untuk pakan bebek tanpa kita sadari petani juga akan diuntungkan dengan hal ini, pasalnya keong yang biasa memakan tanaman pada yang mereka miliki populasinya akan berkurang. Demikian artikel tentang 4 manfaat keong untuk pakan bebek, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

77 + = 80