Apa yang dimaksud Aqiqah dan Qurban?

Apa yang dimaksud Aqiqah dan Qurban?

Apa yang dimaksud Aqiqah dan Qurban? Pelaksanaan Qurban merupakan salah satu bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT yang dilaksanakan pada saat Idul Adha atau setelah sholat ied penyembelihannya. Team penulis www.boxwoodphotography.com akan mengulasnya untuk anda.

Jenis Hewan untuk Qurban

Tidak hanya kambing yang digunakan, tetapi juga bisa unta, kerbau, dan sapi. Untuk ibadah qurban Dan waktu pelaksanaan dari qurban itu sendiri adalah mulai dari tanggal 10 dzulhijah, yaitu pada hari raya idul adha, sehabis mengerjakan shalat idul adha, hingga tenggelamnya matahari pada tanggal 13 dzulhijah, yaitu pada hari tasyrik yang terakhir.  yogyakarta.nur-aqiqah.com

Tata cara menyembelih Qurban

Tata cara menyembelih Qurban yakni, Membaca basmalah dan shalawat pada Nabi SAW, menghadapkan binatang qurban ke arah kiblat, membaca takbir, membaca doa ketika menyembelih Qurban.

Pembagian daging qurban

  1. Daging qurban wajib, seperti qurban nadzar, maka semua dagingnya harus dibagikan kepada orang lain. Orang yang berqurban tidak boleh makan dagingnya sedikitpun.
  2. Daging qurban sunnah, yaitu qurban biasa pada setiap hari raya qurban (tidak nadzar). Dalam hal ini, orang yang berqurban boleh makan dagingnya dan selebihnya dibagikan kepada fakir miskin.

Syarat hewan Qurban

Sedangkan, syarat hewan Qurban yaitu: hewan tersebut telah sampai pada umur yang dianjurkan. Unta berumur 5 tahun, sapi berumur 2 tahun dan kambing telah berumur 1 tahun. Hewan ya g diqurbankan merupakan hewan milik sendiri bukan hak milik orang lain. Dari segi fisik, haruslah hewan yang sehat sempurna, banyak dagingnya, tidak cacat fisik dan mental.

Lalu bagaimana dengan Aqiqah?

Aqiqah menurut bahasa adalah rambut kepala bayi yang baru saja lahir. Sedangkan menurut istilah syara’ adalah penyembelihan binatang ternak domba/kambing pada hari ke tujuh dari kelahiran anak, baik anak laki laki atau perempuan dan dilaksanakan kapam saja satu orang satu kali seumur hidup. Huku dari aqiqah yaitu sunnah yang mana laki-laki dengan 2 hewan kambing atau domba dan perempuan 1 hewan saja.

Pembagian daging aqiqah

Daging aqiqah dibagikan kepada mereka yang kurang mampu atau fakir miskin dalam bentuk makanan yang layak konsumsi. Untuk itulah pembagian ini dapat merekatkan tali silaturahmi dengan tetangga, kerabat, dan keluarga sebagai salah satu bentuk terima kasih kepada Allah SWT atas apa yang telah diberikan.

Syarat hewan aqiqah

Syarat hewan aqiqah yakni, domba atau kambing yang telah berumur 1 tahun lebih dan sudah tanggal giginya, dan hampir sama dengan qurban pemilihan hewan aqiqah sangatlah penting karena harus sehat dan tidak cacat fisik maupun mentalnya. Untum jenis kelamin kambing maupun domba tidak ditentukan betina atau jantan.  Berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dari jalan Ummu Kurz, “….tidak mudharat bagi kamu apakah kambing laki-laki atau kambing perempuan…”

Dari penjelasan diatas kita telah mengetahui bahwasanya perbedaan aqiqah maupun qurban tidak terlalu jauh. Sebab keduanya hukumnya sunnah bagi mereka yang memiliki rejeki lebih untuk memberikan kepada orang lain yang membutuhkan dan sebagai rasa syukur. Lebih mengerti dengan Apa yang dimaksud Aqiqah dan Qurban?

Tinggalkan komentar

+ 19 = 26